Welcome Comments Pictures

Jumat, 30 Mei 2014

BERHUBUNGAN DENGAN MATERI KULIAH DI THP


“Apa saja yang dipelajari di THP?”

            Jadi, untuk semester 1 dan semester 2 masih paketan dari universitas. Semester 1 mata kuliahnya masih yang dasar dan  mirip dengan materi sewaktu SMA hanya saja lebih mendalam, yaitu :

-          Kimia Dasar Organik                         -        Kimia Organik

-          Biologi                                         

-          Matematika Industri                         

-          Pengantar Teknologi Pertanian         

-          Bahasa Inggris

Di semester selanjutnya akan mendalami yang lebih luas lagi. Karena saya masih angkatan baru, jadi matakuliah di semester selanjutnya Saya tulis satu (digabung) berdasarkan buku panduan akademik , yaitu :


    Mata Kuliah Wajib

Matematika Terapan * Statistik * Mikrobiologi Umum* Mikrobiologi PHP * Kimia Pangan * Kimia Fisika * Satuan Operasi * Ilmu Gizi * Uji Sensoris *Ekonomi Teknik * Dasar Ekonomi dan Management * Perancangan Pabrik I-II * Analisis PHP *Alat dan Mesin Pengolahan * Toksikologi dan Keamanan Pangan * Pengendalian Mutu * Metodologi Penelitian dan Perancangan Percobaan * Kerja Praktek * Teknologi Pengemasan * Evaluasi Gizi dan Sensoris Pangan * Rekayasa Proses PHP * Lingkungan dan Pengolahan Limbah, * KKN dan beberapa lagi.


Nah, itu lah mata kuliah wajib di semester selanjutnya. Ada Ekonomi dan Dasar Management untuk membantu di bidang management dan pemasaran, ada Teknologi Pengemasan dan Keamanan Pangan , ini berguna untuk kita dapat mengemas (packaging) produk yang bermutu dan aman dikonsumsi. Terus belajar uji sensori, ilmu gizi dan analisis pangan. Kita juga belajar perancangan pabrik dan pengolahan limbah. Nah, yang ini berguna banget kalau kita berencana pengen mendirikan sebuah pabrik. Meskipun perancangan pabriknya masih sederhana tapi bagus guna bekal ilmu, dan pengolahan limbah penting sekali mengingat pabrik harus tetap menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang limbah berbahaya ke alam , ada baiknya diolah dahulu untuk menghasilkan limbah ramah lingkungan atau bahkan menghasilkan produk olahan limbah seperti biogas, bio massa. Dan, katanya nih yang paling sulit adalah mata kuliah Satuan Operasi (Satop) . Aku sih belum tahu-menahu satop itu apa, tapi kata kakak-kakak tingkat itu sulit banget praktikumnya. Terus Kerja praktek dilakukan sekitar pada tahun ketiga (semester 5) , Jatek itu seperti magang di pabrik/perusahaan makanan. Dan KKN di semester terakhir , dilakukan pengabdian masyarakat di desa-desa di seluruh Indonesia (pilih sendiri kelompok dan tempat KKNnya).


       Mata Kuliah Pilihan

* Teknologi Susu * Teknologi Buah dan Sayur * Teknologi Pengolahan Kopi * Teknologi Pengolahan Kakao * Teknologi Daging & Ikan * Teknologi Minyak & Lemak * Teknologi Legum, Serealia,dan Umbi * Teknologi Karet & Tembakau * Teknologi Pengolahan The * Teknologi Gula * Teknologi Bakery * Dasar Pemprograman * Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen * Bioteknologi Pangan * Industri Jasa Boga * Kewirausahaan * Teknologi Fermentasi * Teknologi Enzim * Formulasi dan Fortifikasi GIzi * Pengembangan Produk Pangan * Management Mutu * Regulasi Pangan * Pangan Fungsional dan Darurat * Teknologi Perisa (Flavoring) * Pengendalian Proses * Pengembangan Proses * Proses Termal  * Riset Operasi , dan beberapa lagi.

            Yuhuuu, Matkul pilihannya keren-keren , jadi bingung juga ntar milih yang mana. :3

“ Lulusan THP diterima di mana aja ?”

            Lulusan THP itu kerjanya luas. Kebanyakan kerja di pabrik/perusahaan bidang pangan, seperti PT Unilever, PT Nestle, PT Frisian Flag, PT IndoFOOD, PT TPS Food, PT Heinz ABC, Kraft, dan banyak perusahan bidang pangan lainnya, dengan posisi yang bermacam anatara lain sebagai Factory Manager, Production Plant dan Inventiry Control Supervisor, R & D/ QA Supervisor, Quality Control, Production Supervisor, Mekanik, dan lain-lain.

            Terus lulusan THP juga bisa buka usaha sendiri seperti pabrik  gula, pabrik susu, pabrik makanan kecil lainnya, buka toko bakery, buka restoran, buka toko makanan, berwirausahan, bahkan bisa kerja di bidang non-pangan. Tapi sedikit yang melenceng dari dunia pangan soalnya kan sayang banget kalau ambil kerja ga sesuai jurusan. Bisa juga kerja sebagai pegawai negeri , seperti kerja di BPOM, Bulog, dan kementrian.

            Sekarang udah dapat gambaran tentang THP kan ? Kalau masih belum juga bisa sharing-sharing sama kakak-kakak angkatan, jangan malu bertanya karena memilih jurusan itu harus benar-benar tepat. Jadi jangan memilih sesuatu dengan alasan buruk (spt: ikut-ikutan doang), tapi  pilihlah sesuai minat dan bakat. Trimakasih :)


Nama     :  Syarif Hidayat Syah
Nim       :  1305105010069
Jurusan : Teknologi Hasil Pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar